Caregiver: Pengertian, Prinsip, Tugas, Karier dan Gaji

Pengertian Caregiver

Caregiver adalah seorang pengasuh yang bertanggung jawab terhadap individu dengan keterbatasan akibat usia, kecacatan, penyakit atau gangguan mental dan bertujuan untuk membantu menjalankan aktivitas sehari-hari.

Seorang caregiver atau pengasuh bisa berlatar belakang pendidikan apa saja tanpa harus mengambil jurusan kesehatan, namun sebagain besar caregiver yang bekerja saat ini adalah lulusan sekolah kesehatan.

Banyak perusahaan atau penyalur perawat lansia di Indonesia juga telah memberikan pelatihan atau pembekalan terlebih dahulu kepada calon caregiver sebelum disalurkan bekerja.

Dengan begitu maka pelayanan kesehatan home care perawat lansia bisa dijamin mutunya oleh masing-masing perusahaan atau yayasan penyalur.

caregiver

Prinsip Caregiver

Prinsip seorang pengasuh secara garis besar terdiri atas beberapa etika yang wajib dijalankan ketika memberikan perawatan kepada lansia atau pasien, yaitu:

  • Menjadi komunikator antar semua pihak
    Seorang pengasuh harus bisa menjadi komunikator yang baik kepada pasien atau keluarga.
  • Menghargai martabat pasien
    Selain itu, selalu menjunjung tinggi serta menghormati dan menghargai martabat lansia atau pasien.
  • Menjaga hubungan baik kepada pihak-pihak yang terlibat
    Seorang pangasuh atau caregiver akan selalu berhubungan dengan pihak penting seperti dokter, perawat, dan keluarga.
  • Bertanggung jawab terhadap perawatan yang dilakukan
    Pengasuh atau caregiver harus memastikan perawatan yang diberikan benar-benar bisa dipertanggung jawabkan.

Beberapa prinsip seorang pengasuh di atas harus wajib dilaksanakan untuk membantu kebutuhan lansia atau pasien sehari-hari.

Tugas Caregiver

Pekerjaan seorang caregiver bisa digolongkan ke dalam layanan kesehatan yang berfokus memberikan pendampingan dan pengasuhan khususnya kepada lansia.

Selain lansia, caregiver juga dapat memberikan pendampingan kepada orang dengan keterbatasan karena kecacatan, penyakit, atau gangguan mental.

Adapun beberapa tugas utama seorang perawat lansia atau caregiver saat bekerja di rumah pengguna jasa, di antaranya yaitu:

  • Membuatkan dan menyiapkan makanan untuk pasien baik sarapan, makan siang, makan malam dan tidak ketinggalan camilan atau snack.
  • Menjaga kebersihan yang berhubungan dengan pasien seperti memandikan pasien, tempat tidur pasien, pakaian pasien, dan lain sebagainya.
  • Memakaikan pakaian hingga berdandan.
  • Membuatkan dan menyiapkan jadwal minum obat yang harus rutin dikonsumsi setiap hari.
  • Membatu mobilitas pasien baik di dalam rumah atau luar rumah.
  • Mendampingi pasien untuk berobat ke dokter.

Secara sederhana, tugas seorang caregiver adalah mendampingi dan mengasuh pasien di rumah sesuai dengan prosedur asuhan sehingga kehidupan sehari-hari seorang pasien dapat lebih mudah, aman, dan nyaman.

Karier Caregiver

Secara resmi, caregiver tidak bisa diakui sebagai tenaga kesehatan profesional namun karena tingginya permintaan atas jasa pengasuhan terhadap individu maka perannya bisa dibilang cukup penting baik secara fungsional ataupun ekonomi.

Banyak perusahaan home care saat ini menyediakan layanan kesehatan caregiver sebagai salah satu layanan andalan mereka.

Dengan begitu maka akan banyak lowongan pekerjaan yang dibutuhkan untuk mengisi permintaan tersebut.

Siapa saja bisa menjadi caregiver namun kebanyakan perusahaan atau yayasan penyalur lebih mengutamakan lulusan sekolah kesehatan.

Meski begitu, bukan berarti lulusan non kesehatan tidak bisa menjadi caregiver. Beberapa perusahaan atau yayasan penyalur akan membekali ilmu baik teori atau praktik kepada setiap calon caregiver.

Sehingga baik calon caregiver lulusan kesehatan ataupun non kesehatan tetap dapat bekerja sebagai pengasuh mutu pelayanan yang terjamin.

Gaji Caregiver

Setiap perusahaan home care atau yayasan penyalur caregiver menawarkan rate gaji yang berbeda-beda namun secara umum, gaji seorang caregiver di Indonesia berkisar antara 2-3,5 juta perbulan.

Menariknya, ada perusahaan yang berani memberikan kenaikan gaji setiap periode tertentu. Kenaikan gaji ini tentu sangat sangat bagus, sebab bisa disejajarkan dengan profesi lain.

WhatsApp (Free Konsultasi)
WhatsApp (Free Konsultasi)
X