Perawat Lansia

Perawat Lansia

Sebagian besar orang merasa merawat anggota keluarga yang sudah memasuki usia lanjut merupakan sebuah tantangan. Terlebih jika Anda memiliki banyak tanggung jawab lain yang harus terpenuhi. Salah satu pilihan yang dapat Anda lakukan yaitu mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental lansia. Lalu, apa saja kriteria yang harus seorang perawat lansia miliki? Simak penjelasannya berikut ini.

Profesi Perawat Lansia berperan dalam merawat, memelihara, membantu dan melindungi Lansia. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemui kondisi lansia yang mengalami penurunan fisik dan fungsional tubuh juga menderita beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, stroke, demensia, jantung dan lainnya. Sementara dengan kesibukan mengurus keluarga dan bekerja, kadang membuat seorang anak kewalahan untuk merawat orang tuanya di rumah. Dengan adanya perawat lansia kamu bisa mengawasi dan berinteraksi dengan orang tua sekaligus ia mendapatkan perawatan khusus yang dibutuhkannya. Apalagi orang tua sesungguhnya lebih nyaman dirawat di rumah, sebab mereka tetap bisa berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain, tidak merasa disisihkan atau disingkirkan, juga tetap mendapatkan perhatian dari anak, cucu, dan sanak keluarganya.

Kriteria yang harus ada pada perawat lansia

1. Memiliki pengalaman dalam bidang keperawatan

Jika Anda memang ingin mencari perawat yang terbaik untuk lansia, sebaiknya pekerjakan seseorang yang sudah memiliki pengalaman dalam merawat orang dengan usia lanjut. Dengan begitu, setidaknya perawat tersebut sudah memahami apa yang harus ia lakukan saat menghadapi lansia.

Apabila lansia mengalami penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk mencari seorang perawat yang sudah memiliki sertifikat khusus dalam memberikan penanganan medis. Hal ini akan membuat Anda lebih tenang jika terpaksa meninggalkan lansia hanya berdua dengan perawat.

2. Memiliki fleksibilitas dalam bekerja

Menjadi seorang perawat lansia mungkin bukan pekerjaan yang sama seperti menjadi seorang pegawai kantoran. Pasalnya, tiap lansia memiliki aktivitas dan kebutuhan yang berbeda, sehingga Anda perlu mencari seseorang yang memiliki fleksibilitas dalam bekerja, baik dalam sisi jenis pekerjaan yang dilakukan hingga lama waktu bekerja.

Sebagai contoh, seorang lansia mungkin membutuhkan perawat untuk membantunya menggunakan pakaian, menyuapi, menyiapkan obat-obatan dan lain sebagainya. Sementara itu, lansia lain mungkin hanya membutuhkan seorang perawat untuk menemaninya bepergian.

3. Memiliki kesabaran yang tinggi

Sebagai seorang perawat, memiliki kesabaran yang tinggi adalah salah satu kriteria penting. Hal ini menjadi sangat berpengaruh saat perawat menjalin komunikasi dengan lansia. Pasalnya, saat memasuki usia senja, tidak sedikit yang mulai kehilangan kemampuannya untuk mengingat dan mulai bersikap seperti anak kecil.

Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para perawat untuk melatih kesabaran. Apalagi, memiliki kesabaran dan pengertian yang tinggi akan memudahkan perawat dalam menjalin komunikasi dan hubungan yang baik dengan lanjut usia. Dengan begitu, perawat juga akan lebih mudah untuk melaksanakan tugasnya.

4. Memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia

Perawat juga harus memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia. Setidaknya, seorang perawat bisa mengetahui kebutuhan lansia meski tidak mereka tak sampaikan melalui kata-kata. Itu artinya, perawat juga perlu memiliki kemampuan observasi dan memahami bahasa tubuh yang baik.

Pasalnya, ada lansia yang memiliki suatu kondisi kesehatan yang membuatnya tidak bisa berbicara dengan lancar. Ada pula lansia yang kurang bisa secara nyaman menyampaikan apa yang ada di pikiran dan peraasannya. Hal ini mengharuskan perawat untuk bisa lebih peka dengan kondisi yang sedang terjadi pada orang lanjut usia.

5. Memiliki kreativitas agar lansia aktif berkegiatan

Sebagai perawat, sebaiknya Anda memang mengikuti keinginan dan kebutuhan dari orang lanjut usia. Namun, bukan berarti Anda harus selalu pasif saat menjaga dan merawat orang lanjut usia. Ada kalanya, Anda juga harus proaktif untuk membantu mencarikan kegiatan untuk lansia agar tidak bosan.

Akan tetapi, sesuaikan kegiatan dengan kemampuan dan kegemaran lansia. Jika lansia masih cukup kuat untuk beraktivitas di luar rumah, tak ada salahnya untuk mengajaknya jalan-jalan sore, atau bahkan mengikuti kegiatan olahraga yang membuat tubuh lansia menjadi lebih sehat.

Tentang Kami

Halocare.id adalah jasa perawat terbaik di Indonesia yang mengedepankan pelayanan maksimal kepada pasien. Kami menganggap pasien adalah keluarga kami sehingga pelayanan yang kami berikan adalah pelayanan setulus-tulusnya dengan cinta kasih. 

WhatsApp (Free Konsultasi)
WhatsApp (Free Konsultasi)
X